Selasa, 24 Agustus 2010


Pengayaan Muslimat NU dengan ESQ

Training ESQ in-House Muslimat NU Angkatan Pertama
Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj (kanan) bersama Ary Ginanjar
Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj hadir di Menara 165 membuka in house training ESQ bagi Muslimat NU angkatan perdana, Sabtu (21/8). Hadir sekitar 245 peserta Muslimat NU baik pimpinan, pengurus, dan ustadzah dari berbagai kota dan pondok pesantren seperti Tebu Ireng, Tambak Beras, dan lain-lain.
Dalam sambutannya, Said Aqil menyatakan Ary Ginanjar Agustian dengan training ESQ 165-nya memberikan terobosan baru dalam pengenalan qalbu. Metode training ESQ memberikan khasanah dan pengayaan yang luar biasa. “Saya bangga Indonesia memiliki Ary Ginanjar dan ESQ, karena ini merupakan aset bangsa, aset umat Islam, bahkan aset peradaban abad 21,” ucap KH Said Aqil Siradj saat memberikan sambutan sekaligus membuka.
Said Aqil mengatakan bahwa ia belum pernah mengenal metode pengenalan qalbu seperti ESQ, karena bicara tentang qalbu yang biasa disampaikan dengan model klasik. Meskipun materi-materi yang disampaikan ESQ sudah ada sejak lama, namun penyajian dan penyampaiannya menggunakan teknologi modern.
“Semoga ibu-ibu Muslimat mendapatkan sesuatu yang baru dan bermanfaat dari guru kita bapak Ary Ginanjar, sehingga apa yang kita yakini selama ini adalah yang benar. Kesimpulan dari apa yang disampaikan Pak Ary tentang keimanan, iman itu kita harus selalu hadir untuk Allah dan kita sadar bahwa Allah selalu hadir bersama kita,” ujarnya.
Pendiri ESQ Ary Ginanjar, tampak gembira saat memberikan sambutan saat pembukaan acara. “Sekarang di tempat ini, saya bertemu dengan guru-guru. Anggaplah ini ungkapan terima kasih kepada guru-guru saya yang telah mendidik dan mengajari tentang Rukun Iman, Rukun Islam, dan Ihsan. Sekarang saya sampaikan ulang mengenai penyampaian tersebut, hanya metode dan teknologinya saja yang berbeda. Sedangkan isi tentang Iman, Islam, dan Ihsan tetap sama.”
Ketua Umum Muslimat NU Khofifah Indar Parawansa yang juga hadir dan mengikuti training secara penuh, dalam acara tersebut mengatakan bahwa training ESQ merupakan forum untuk penyadaran diri secara pribadi dan bersama. ESQ menyajikan bahwa kita jangan mudah silau dan terbius dengan ilmu atau kemasan dari Barat, seolah-olah nilai-nilai barat itu yang terbaik dan harus ditiru.
“Kita mempunyai sumber yang hakiki, itu semua tidak pernah kita gali dan kita sajikan secara komprehensif. ESQ menyajikan de ngan cara yang menakjubkan, ini merupakan referensi dari banyak kalangan bukan hanya untuk umat Islam, tetapi Islam dapat memberikan referensi tentang sumber-sumber moralitas kehidupan yang luar biasa,” tuturnya.
Khofifah berpesan kepada seluruh peserta yang sebagian besar ustad-ustadzah, pengurus, dan pemilik pesantren agar mendapat manfaat dari training ESQ. Sehingga akan bisa menambah pengayaan metodologis dan penguat an tentang perkembangan keki nian, orang-orang bisa menerima pesan-pesan agama kemudian bisa melaksanakannya dan bisa menjadi keteladanan.
“Training ini sangat pen ting bagi ustadz-ustadzah, karena ba nyak di antara mereka model pembelajarannya monoton, pola-pola yang relatif konservatif. Ke mudian mereka bisa mendapat pengaya an metodologis dan pengayaan pe ngalaman betapa ilmu-ilmu yang mereka bawa da pat disajikan de ngan sesuatu yang lebih menak jubkan dan le bih memberikan ke kuatan Islam se cara kaffah,” ucap Khofifah yang juga hadir sebagai peserta training.
Mantan Menteri Negara Pem ber dayaan Perempuan pada Kabinet Persatuan Nasional itu menyampaikan terima kasih kepada Ary Ginanjar, para trainer dan keluarga besar ESQ. Karena selama dua hari ESQ telah membukakan pikiran dan membangun sebuah mindset yang menerobos stag nasi pemahaman orang terhadap Islam oleh Ary Ginanjar yang pernah sekolah di TK Muslimat NU.
Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) berkomitmen untuk menjadi solusi bagi persoalan yang terjadi di masyarakat. Muslimat NU senantiasa menunjukkan responsibilitas dan komitmen untuk menjadi bagian penyelesaian persoalan umat melalui berbagai layanan yang dimiliki.
Yayasan Pendidikan Muslimat NU kini membawahi 13.568 TPQ, 9800 TK/RA, 4657 playgroup (kelompok bermain). Sementara Yayasan Hidmat NU membawahi 38.000 majelis taklim. Yayasan Kesejahteraan Muslimat NU mengelola 103 panti asuhan, 74 BKIA/rumah bersalin/rumah sakit, 11 Balai Latihan Kerja. Selain itu ada juga Yayasan Haji Muslimat NU yang menaungi 146 Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH).
Sebelum training Muslimat NU, ESQ juga pernah memberikan training “Terima Kasih Ustadz/Ustadzah” sebanyak tiga angkatan dengan jumlah alumni 1.200 orang.
KOMENTAR PESERTA
Khofifah Indar Parawansa:
Di ESQ kita tidak hanya mempelajari teks-teks saja, namun implementasi pada kehidupan kemanusiaan. Seharusnya Islam di mana pun dan kapan pun umatnya harus dapat dijadikan contoh. Lalu kenapa kita bisa tidak disiplin, kenapa kita tidak bisa dijadikan suri tauladan. Ternyata firkoh-firkoh di antara umat Islam betul-betul menjadi sumber perpecahan, bukan sebagai rahmat, malah saat ini menjadi sumber konflik. ESQ merupakan proses penyadaran kembali dan recharging.
ESQ adalah alat untuk men jelaskan kepada seluruh khalayak nilai-nilai yang sering dijadikan referensi para akademisi dan dianggap sesuatu temuan saintifik baru. Padahal yang jauh lebih saintifik itu adalah Al-Quran yang kaya dengan nilai-nilai kehidupan, nilai-nilai keilmuan. ESQ merupakan alat penjelas dengan metode yang luar biasa dan trainernya sangat luar biasa. Tidak mudah mencari trainer yang bisa menjelaskan breakdown kerangka teologis secara empiris.
Semoga ESQ dapat memberikan kontribusinya untuk pengembangan umat karena sering sekali transformasi keilmuan yang terjadi di lembaga kita berjalan begitu monoton dan di beberapa tempat begitu membosankan. Itulah yang menyebabkan banyak anak-anak muda dari keluarga besar NU yang sekolah ke luar negeri. Namun ketika pulang, bukan memberikan pengayaan, tetapi membuat komunitas tersendiri.
Saya berharap ESQ dapat terus berkembang, sehingga di Amerika dan Eropa semakin banyak lagi training ESQ. Agar orang dibukakan mata dan pikirannya, apa itu Islam dan tentang sumber-sumber nilai Islam, bukan Islam yang suka ngebom-ngebom.
Farida Shalahuddin Wahid:
Training ESQ dari awal hingga akhir sangat bagus sekali karena kita bisa mengoreksi dan intro speksi diri. Jika kita mengenal siapa diri dan tahu mau kemana, mungkin negara ini akan aman-aman saja. Tidak seperti saat ini yang carut-marut, sedih saya melihatnya.
Saya pengasuh pesantren Tebu Ireng, Jombang, Jawa Timur. Santri yang menginap ada 1.600, kalau digabung lebih dari 2.000 santri. Bila training ESQ masuk ke pesantren-pesantren seperti Tebu Ireng, sangat bagus dan saya akan mendukung, tentu kami akan sangat terbuka sekali menerima ESQ di Tebu Ireng.
Saya sangat mendukung program ESQ agar kita semua sadar, sebetulnya agama kita sudah meng ajarkan ini semua. ESQ memberikan bukti-bukti apa yang dikatakan dalam Al-Qur’an ternyata benar. Training ini banyak sekali manfaatnya, apalagi saya membawa 14 rekan-rekan dari Tebu Ireng, sehingga kita bisa sama-sama untuk menerapkan materi ESQ di sana. Alangkah baiknya bila kita semua sudah mengikuti.(sumber esqmagazine)

1 komentar:

  1. PERUSAHAAN LEMBAGA KEUANGAN TERBAIK DAN TERBESAR DI INDONESIA

    LOWONGAN : KONSULTAN DAN RECRUITMENT DEPT/HRD
    ( Penghasilan : Rp.10 Juta - 40 Juta/Bulan , 110 Juta/Bulan setelah tahun ke-4)


    Lokasi Kerja di : Jakarta, Bekasi, Tangerang, Depok dan Bogor

    Persyaratan :
    - Pria atau Wanita
    - Usia 20- 49 tahun
    - Min. lulusan SMA,SMK,D3 dan S1
    - Mampu berkomunikasi dengan baik
    - Mampu bekerja dalam Team work
    - Dapat mengoperasikan komputer
    - Suka Tantangan
    - Mau belajar dan bekerja keras

    Benefit :
    - Paradigma Sukses Karir dan Berbisnis
    - Penghasilan : Rp.10 Juta - 40 Juta/Bulan , 110 Juta/Bulan setelah tahun ke-4
    - Mengembangkan tim bisnis
    - Rahasia "Time and Financial Freedom"
    - Terbuka untuk beragam latar belakang profesi seperti; Karyawan, PNS, guru, wiraswasta, mahasiswa, ibu rumah tangga, buruh, dll
    - Bisa dimulai dengan part time/ paruh waktu
    - Cocok bagi yang HARUS merubah nasib dan masa depan yang lebih baik
    - Cukup meluangkan waktu 15 menit - 1 Jam / Minggu untuk menjalankan karir ini

    Kirim lamaran dan CV Anda via Email :

    E-mail ke : smartvisi@yahoo.co.id
    cc : hrd@smartvisi.com

    atau Registrasi Karier ke: http://www.smartvisi.com


    Hanya CV yang masuk melalui Email atau melalui Registrasi dan kandidat yang memenuhi syarat yg akan kami proses lebih lanjut di kantor kami :

    APL Tower lantai 33
    Jl. Jend. S. Parman Kav. 28
    Grogol-Jakarta Barat - 11470

    BalasHapus